Menjadi Founder Startup yang Sukses

7 Tips Sukses Menjadi Seorang Founder Startup

Banyak orang yang hanya tahu tentang kesuksesan sebuah startup, kebanyakan dari mereka tidak melihat bagaimana prosesnya, bagaimana menjalankan dan membangun sebuah startup. Faktor terbesar yang mempengaruhi kesuksesan sebuah #startup di tentukan oleh sikap dan cara bertindak foundernya.

Bagaimana seorang founder memanage dan mengembangkan startupnya hal tersebutlah yang menjadi faktor penting. Di bawah ini adalah bebertapa tips buat Anda yang ingin sukses menjadi seorang founder startup.


1. Hilangkan Keraguan Dalam Bertindak

Membuat perencanaan yang matang sebelum kita bertindak untuk melakukan sesuatu memang hal baik. Namun jangan sampai terjebak terlalu lama dalam pemikiran kita sendiri yang akhirnya membuat ragu akan keputusan yang akan diambil.

Kebanyakan founder startup tidak banyak berfikir lama namun mereka langsung action untuk menemukan solusi terbaik dan terus memperbaiki hingga dapat diperkenalkan ke publik. Secara garis besar kita harusnya menghabiskan waktu lebih sedikit untuk memikirkan beberapa rencana dan menggunakan lebih banyak waktu melakukan solusi.

Jika Anda belum yakin, jangan takut salah dalam bertindak dan perbaiki apa yang kurang dalam aksi Anda. Karena mengevaluasi dan menganalisa kesalahan diri sendiri akan lebih mudah dilakukan saat sudah melakukan tindakan yang tepat.

Artikel lain: Mindset Yang Harus Dimiliki oleh Seorang Entrepreneur


2. Jangan Menilai Uang Sebagai Satu-Satunya Faktor Kesuksesan

Kebutuhan akan dana memang tidak dipungkiri menjadi kebutuhan penting. Namun faktanya, kebanyakan bisnis hanya membutuhkan sedikit uang untuk memulainya. Dan startup yang memiliki dana terbatas justru mereka lebih sukses ketimbang startup yang memiliki dana banyak.

Hal paling mudah untuk membuktikan hal ini adalah melihat banyaknya startup yang beroperasi secara bootstrap namun berhasil eksis dan terus besar dalam waktu yang lama. Memiliki banyak dana justru akan membuang buang peluang memaksimalkan potensi dengan menggunakan dana tersebut untuk hal yang tidak perlu.

Dengan uang yang terbatas, Anda sebagai founder akan bekerja lebih keras dan memetik hasil dari pemecahan beragam masalah yang timbul ketimbang kemudahan menghambur-hamburkan uang.


3. Selalu Pikirkan Kebutuhan Konsumen

Jangan buru-buru berpikir untuk memiliki sebuah kantor yang memiliki fasilitas lengkap seperti perusahaan besar. Sebelum kita mewujudkan keinginan tersebut, kita harus pastikan bahwa hal itu akan menarik perhatian konsumen. Kebanyakan konsumen sebuah startup tidak mempermasalahkan lokasi kantor namun mereka lebih melihat ke produk yang startup tersebut miliki.

Selalu pikirkan keinginan konsumen terlebih dahulu. Semakin Anda mendengarkan keinginan mereka, semakin banyak keuntungan yang didapat. Anda harus selalu ingat, kesuksesan startup yang didirikan bukan dilihat dari seberapa bagus kantor yang kita miliki melainkan seberapa besar keuntungan dan manfaat yang startup Anda berikan pada konsumen.

Artikel lain: Saat Akan Memulai Bisnis, Karyawan Akan Dihadapkan Dgn Pilihan Ini


4. Jangan Pikirkan Lokasi di Mana Anda Membangun

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jangan terlalu memikirkan tempat di mana startup Anda akan didirikan. Karena konsumen tidak melihat itu. Konsumen akan melihat layanan yang startup kita miliki dan seberapa bermanfaat layanan tersebut bagi permasalahan yang para konsumen hadapi.


5. Habiskan Banyak Waktu Untuk Membuat Produk

Hindari berfikir terlalu lama namun tindakan Anda sedikit. Fokuslah merancang produk Anda yang terbaik dan tentunya menarik para konsumen untuk menggunakan produk yang dibuat. Terus kembangkan produk yang Anda buat demi mencapai suatu kesempurnaan.


6. Jangan Sekali-kali Mengeluh

Dalam membangun sebuah startup hendaknya kita harus men-sett pikiran untuk menjadi pribadi yang tangguh dan gigih. Jangan pernah mengeluh mengenai masalah yang startup Anda hadapi. Anggap semua masalah yang ada sebagai tantangan untuk membesarkan startup Anda maka startup tersebut akan menjadi suatu produk yang luar biasa.

Baca juga: 9 Wanita Hebat Indonesia Yang Sukses Membangun Startup


7. Hindari Kegiatan yang Membuang Waktu

Jangan lakukan hal-hal yang membuang waktu dalam membesarkan startup yang Anda bangun. Fokuslah melakukan hal penting demi kemajuan startup itu sendiri, dan raihlah keuntungan sebanyak-banyaknya. Selalu fokus akan tujuan Anda dan bertindak tanpa takut resiko yang akan terjadi.

Jika kita sudah melewati 7 tahap diatas, bukan hal sulit untuk menjadi seorang founder startup yang sukses. Dengan pola pikir dan tindakan yang tepat startup yang Anda bangun akan menjadi sebuah senjata bisnis yang ‘mematikan’.

Back to Top

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menjadi Founder Startup yang Sukses"

Post a Comment

"Terima Kasih Sudah Membaca Blog Saya ,Silahkan Tinggalkan Komentar