Cara Ampuh Mengusir Nyamuk Secara Alami

Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi tentang bagaiman cara mengusir nyamuk secara alami. Namun sebelum itu mari kita bahas dulu mengenai apa itu nyamuk dan bagaimana proses berkembangbiaknya. Nyamuk merupakan jenis serangga yang sangat kecil bentuknya akan tetapi sangat ditakuti keberadaannya oleh kebanyakan orang.  Nyamuk melangsungkan siklus kehidupannya dengan cara bertelur diair itulah mengapa pada saat musim penghujan seperti saat ini keberadaan nyamuk jauh lebih banyak dari pada musim kemarau. Nyamuk dewasa akan meletakkan telurnya dipermukaan air dan dalam kurun waktu 1 - 2 hari akan berubah menjadi jentik jentik dan membutuhkan waktu sekitar 8 - 10 hari untuk menjadi larva. Selanjutnya dalam waktu 1 - 2 hari kedepan akan berubah wujud menjadi nyamuk. Usia nyamuk sebenarnya tidak lama yakni sekitar 1 minggu untuk nyamuk jantan dan 1 sampai 2 bulan untuk nyamuk betina.

Kalian semua pasti merasa sangat terganggu sekali dengan keberadaan nyamuk disekitar kita apalagi kalau nyamuk tadi mengigit. Gigitan yang ditimbulkan oleh nyamuk akan meninggalkan rasa gatal dan juga bentol bentol. Untuk nyamuk jenis tertentu seperti nyamuk aedes aegepty dan nyamuk malaria dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya. Untuk nyamuk aedes aegepty menyebabkan demam berdarah dan cikungunya sedangkan nyamuk malaria bisa menyebabkan demam malaria dan ke3 penyakit tersebut berbahaya apabila tidak segera mendapatkan pertolongan medis. 

Nyamuk berkembangbiak sangat cepat sekali oleh karena itu dihimbau bagi kita semua agar tidak memberi ruang bagi nyamuk untuk terus berkembangbiak supaya tidak ada lagi korban berjatuhan akibat gigitan nyamuk. Dengan adanya nyamuk tentu saja sangat mengusik kenyamanan kita apalagi saat tidur, rasa gatal yang ditimbulkan oleh gigitan nyamuk sudah pasti membuat tidur kita menjadi tidak nyenyak. Nyamuk biasa menyerang pada pagi dan sore hari hal ini dikarenakan nyamuk tidak tahan udara yang panas dan dingin. Dan untuk menghindari penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk kita dihimbau untuk tidak tidur pada jram jam tertentu yakni pagi antara jam 09.00 - 11.00 dan sore antara jam 15.00-18.00 dijam jam itulah nyamuk bergerilya mencari mangsa. Indonesia termasuk negara endemik demam berdarah maka dari itu kita harus selalu waspada dengan keberadaan nyamuk disekitar kita. Berikut ini tips mengusir nyamuk secara alami:

1. Menjaga kebersihan lingkungan

Menjaga kebersihan menjadi kunci utama mengusir nyamuk. Nyamuk menyukai tempat tempat yang kotor dan juga lembab. Anak anak lebih rentan terserang penyakit demam berdarah dari pada orang dewasa. Pastikan lingkungan anak anda beraktifitas sehari hari bebas dari sarang nyamuk. Seperti slogan yang sudah terkenal sejak dulu yaitu dengan 3M menguras, menutup dan mengubur. Kuraslah bak mandi, bak wc, ataupun lainya ,kemudian tutup penampungan air dan kubur barang barang yang sudah tidak terpakai. Dan jangan biarkan baju baju bergantungan dilingkungan anda karena dapat menjadi tempat bersarangnya nyamuk nyamuk.
Bersihkan selalu saluran air yang ada disekitar anda dari kotoran yang menghalangi air berjalan dengan lancar

2. Kelambu saat tidur

Mengunakan kelambu saat tidur merupakan alternatif selanjutnya untuk mengusir nyamuk secara alami. Cara ini banyak dipakai masyarakat luas karena selain terbukti ampuh mengusir nyamuk cara ini juga aman untuk kesehatan kita. Sebelum anda tidur bukalah kelambu lebar lebar dan keluarkan semua nyamuk yang ada didalam kleambu kemudian tutup rapat jangan sampai ada celah untuk nyamuk masuk. Dengan begitu tidur anda menjadi nyenyak bebas dari gangguan nyamuk nyamuk jahat.
Kelambu penangkal nyamuk
Kelambu nyamuk

3. Bunga lavender

Bunga laverder adalah tanaman hias yang tersohor sejak dulu sebagai tanaman pengusir nyamuk. Selain bunganya yang indah dan baunya yang harum menanam bunga laverder juga dapat mengusir nyamuk disekitar kiat. Walaupun bau dari bunga laverder ini harum tetapi nyamuk tidak suka, nyamuk akan merasa pusing mencium baunya dan langsung akan pergi. Untuk pengunaannya ada bisa meremas remas bunga laverder kemudian oleskan pada kulit, sedangkan untuk mengusir nyamuk yang ada disekitar lingkungan kita tanamlah bunga lavender dipekarangan rumah selain memperindah rumah anda nyamuk pun dijamin tidak akan berani mendekat.

khasiat bunga lavender
Bunga Lavender


4. Bunga Geranium

Anda tentu sudah tak asing lagi dengan bunga yang satu Geranium.Geranium sering menjadi icon lotion anti nyamuk dan memiliki bermacam macam warna antara lain putih, merah muda, merah dan ungu. Geranium termasuk tanaman hias mudah cukup mudah untuk dibudidayakan. Didalam bunga geranium terkandung zat geraniol dan sitroneol yang ampuh mengusir nyamuk. 

Bunga geranium tanaman hias pengusir nyamuk
Bunga Geranium merah muda


5. Bunga rosemary

Bunga rosemary memiliki aroma yang menyerupai minyak kayu putih dan telon. Kedua minyak tersebut banyak dipakai untuk mengusir nyamuk dengan cara dioleskan dibagian kulit. Karena baunya yang mirip itulah kenapa bunga rosemary bisa mengusir nyamuk. Letakkan bunga rosemary di pojok kamar atau bisa juga remas remas bung rosemary kemudian olskan pada kulit kita. Dengan mencium aroma yang khas layaknya minyak kayu putih dan telon nyamuk akan menjauh dari sekitar kita.

Bunga rosemary
Bunga rosemary

6. Kulit jeruk

Pernahkan anda berfikir unt memanfaatkan kulit jeruk? Mungkin nada berfikir kalau kulit jeruk tidak memiliki manfaat apaun dan harus dibuang tidak selamanya pendapat tersebut benar karena anda dapat memanfaatkan kulit jeruk untuk mengusir nyamuk yang membandel. Begini caranya potong kulit jeruk kecil kecil kira kira cukup dimasukkan ke pemanas elektrik. Setelah dipanaskan beberapa saat bau dari kulit jeruk akan tersebar kemana mana. Kulit jeruk mengadung zat lemonen yang dapat meruak sistem saraf pernafasan nyamuk seengga membuat nyamuk tidak bisa bernafas.

7. Daun sereh

Daun sereh mudah sekali  di jumpai disekitar lingkungan tempat tinggal kita. Sereh atau serai biasa digunakan sebagai penyedap masakan, tapi tahukah kalian kalau daun sereh dapat kita gunakan untuk mengusir nyamuk yang ada di sekeliling kita. Kenapa seperti itu? Ya karena nyamuk tidak menyukai bau dari sereh, oleh karenanya nyamuk akan segera pergi jika mencium bau sereh. Caranyan mudah ambil bebrapa batang sereh kemudian haluskan mengunakan blender kalau tidak punya anda bisa menghaluskan batang sereh dengan cara ditumbuk. Kemudian tambah dengan air dan diamkan hingga kurang lebih 12 jam. Saring dengan kain halus untuk mendapatkan airnya saja. Semprot atau percik percikkancairan dari daun sereh tadi di sekitar ruangan anda dapat di pastikan nyamuk segera kabur menjauh.

Tanaman sereh untuk mengusir nyamuk
Tanaman sereh

Beberapa cara mengusir nyamuk diatas patut anda coba dirumah selain aman, efektif mengusir nyamuk juga bisa menghemat pengeluaran. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Ampuh Mengusir Nyamuk Secara Alami"

Post a Comment

"Terima Kasih Sudah Membaca Blog Saya ,Silahkan Tinggalkan Komentar