Pentingnya Mengajari Anak Menabung Dan Apa Saja Fungsi Tabungan Anak



Sebagai orang tua yang baik, anda pasti ingin membiasakan anak anda untuk menabung dan menyisihkan uang jajannya. Dengan melatih dan membiasakan anak anda menabung, berarti juga mengajari anak anda untuk mempersiapkan masa depannya dengan baik. Belajar menabung dapat anda lakukan sejak dini, jangan menunggu sampai anak anda meminta anda untuk membantunya menabung. Sebagai awal, tabungan anak yang paling efisien adalah celengan. Untuk meningkatkan kemauannya, anda bisa memilihkan celengan dengan bentuk yang lucu dan menarik. Dari celengan tersebut, anak anda mulai belajar menyisihkan uang yang ia miliki.
Setelah terbiasa menabung, anak anda juga akan terbiasa menghemat uang untuk kebutuhannya. Tabungan anak yang bagus seperti celengan tersebut dapat membantu memotivasi anak anda untuk bisa mempersiapkan masa depannya yang masih panjang. Saat celengan sudah penuh, anak akan merasa senang terlebih jika anda mengajaknya untuk menghitung bersama. Anak anda akan bertambah senang lagi jika tahu jumlah uang yang ia tabung ternyata banyak. Tentu saja saat itulah anda dapat memotivasi anak untuk tetap menabung. Tabungan anak ini tentu saja sangat bermanfaat, terlebih untuk masa depannya nanti.
Saat anak anda sudah mulai mengenal uang dengan baik dan sudah duduk di bangku sekolah dasar, saat itulah anda dapat mengenalkan dan mengajari anak anda untuk menabung di bank. Saat ini banyak bank yang mengeluarkan tabungan khusus untuk anak dengan penawaran yang istimewa. Terlebih dengan adanya catatan uang tabungan yang ada, anak anda akan termotivasi dan semakin rajin untuk menabung. Berawal dari celengan, kemudian dipindahkan ke rekening bank. Tentu saja tabungan anak anda akan semakin banyak dan anak akan merasa senang. Selain itu, di sekolah anak anda mungkin juga ada tabungan yang diadakan para guru. Tabungan anak sekolah tersebut juga sangat membantu menaikkan motivasi anak anda.
Sebagai pembelajaran, anda dapat memilih bank yang tidak membutuhkan potongan untuk biaya administrasi. Dengan potongan tersebut, anak anda akan kecewa dan motifasinya untuk menabung akan menurun. Terlebih lagi jika anda memilih bank yang menawarkan bunga yang lumayan, tentu saja anak anda akan merasa senang jika mengetahui jumlah tabungan yang dimiliki bertambah. Pilihlah juga bank yang membutuhkan setoran awal dan setoran rutin per bulan yang rendah. Ini agar anak anda tidak merasa terbebani dan merasa nyaman saat menabung. Dengan begitu semangat anak anda untuk menabung tetap tinggi. Sebagai orang tua, anda juga harus memperhatikan saldo tabungan anak anda.
Sebagai motivasi yang cukup baik, sebaiknya anda memberi tujuan saat menabung. Contohnya saja uang yang ditabung dapat dibelikan sepeda atau untuk berlibur ke tempat yang diinginkan. Dengan begitu anak anda akan lebih bersemangat untuk menabung. Keinginan tersebut yang membuat anak anda akan semakin rajin untuk menyisihkan uangnya untuk ditabung. Tabungan anak anda juga akan semakin bermanfaat jika anda sudah tahu dengan jelas apa tujuan dari tabungan tersebut. Dengan kebiasaan menabungnya dari kecil, saat dewasa anak anda akan lebih terbiasa dalam mengatur anggaran kebutuhannya sehari-hari.
Salah satu bank yang menawarkan tabungan anak yang cukup banyak diminati yaitu bank BRI. Tabungan anak BRI ini cukup bagus untuk membiasakan anak menabung di rekening bank. Dengan begitu anak anda akan terbiasa dengan tabungannya yang biasa ditulis dalam buku rekening. Banyak cara yang dapat anda lakukan untuk mendidik anak anda menabung, mulai dari celengan sampai menabung di bank. Tabungan anak anda akan sangat bermanfaat, selain untuk mencapai tujuan yang diharapkan anak anda juga dapat membiasakan anak untuk pintar mengatur uang atau anggaran.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pentingnya Mengajari Anak Menabung Dan Apa Saja Fungsi Tabungan Anak"

Post a Comment

"Terima Kasih Sudah Membaca Blog Saya ,Silahkan Tinggalkan Komentar