Investasi Saham syariah Lebih Diminati




Pasar modal berbasis syariah di tanah air dinilai tengah mengalami perkembangan sangat signifikan, walaupun baru saja dikembangkan pada tahun 2006 lalu. Ini bisa dibuktikan dan dilihat pada daftar efek Syariah yang tercatat hampir mencapai 270 efek di BEI atau Bursa Efek Indonesia. Indeks saham syariah Indonesia ini sudah lebih mencapai 50% dari total efek yang sudah terdaftar dalam bursa. Disamping bisa dilihat pada volume perdagangan jual beli saham syariah pun juga tercatat lebih tinggi apabila dibandingkan dengan investasi saham konvensional. 

Menurut Frederica selaku Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia, belakangan ini saham syariahbanyak sekali diminati para investor yang tentunya beragama Muslim. Hal ini dikarenakan sham yang ada dan beredar dalam pasaran modal adalah saham yang cukup terjaga kesehatannya. Hal ini tentunya lebih aman jika dibandingkan dengan berinvestasi dengan sham konvensional. Masih menurut penuturan Frederica, beberapa kriteria yang harus dipatuhi jika perusahaan ingin mendaftarkan sahamnya pada pasar modal berbasis syariah ini.

Syarat yang ditentukan oleh pasar modal syariah ini adalah perusahaan yang mendaftar hendaknya bebas dari bisnis yang berbau spekulasi, bebas ribawi dan sejenisnya yang diharamkan oleh agama, dalam hal ini agama Islam tentunya. Ketentuan lainnya adalah, perusahaan terkait tidak diharuskan menjadi perusahaan yang berbasis syariah jika ingin mendaftarkan sahamnya dengan saham syariah. Akan tetapi, perusahaan yang mendaftar tersebut harus memenuhi kriteria yang ditentukan agar saham yang dimilikinya dapat disebut dengan pasar saham syariah.

Dampak yang ditimbulkan dari penerapan pasar modal syariah ini adalah banyak sekali perusahaan yang berlomba-lomba agar mendapatkan predikat perusahaan berbasis syariah dengan tujuan penjualan lebih mudah. BEI sendiri tertantang untuk mendorong perkembangan pasar modal berbasis syariah agar lebih besar lagi. Usahanya adalah dengan melakukan perluasan sosialisasi saham syariah. Dan ternyata cara tersebut dinilai sangat efektif guna meningkatkan transaksi. Anehnya, jika sosialisasi dilakukan dengan pasar modal yang konvensional, peminat kurang banyak. Lain halnya jika sosialisasi menggunakan prinsip dasar pasar modal berbasis syariah, karena justru peminatnya semakin banyak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Investasi Saham syariah Lebih Diminati"

Post a Comment

"Terima Kasih Sudah Membaca Blog Saya ,Silahkan Tinggalkan Komentar