Cara Investasi Saham Yang Baik Untuk Pemula



Dengan menanam investasi saham, keuntungan yang didapatkan bisa jauh lebih banyak ketimbang jika anda hanya menyimpan uang anda di deposito maupun berinvestasi di obligasi. Namun menanam investasi juga dapat mengalami kerugian. Kerugian yang diterima bisa jadi lebih besar dari keuntungan yang didapatkan. Oleh karena itu, bermain saham perlu benar dan tepat dalam melakukannya. Terlebih bagi pemula yang ingin memulai dalam menanam investasi. Harus mengetahui kiat cara investasi saham yang benar. Sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia investasi saham, putuskan terlebih dahulu bahwa anda apakah orang yang siap menerima jika nantinya anda mengalami kerugian yang besar setelah bermain saham. Jika iya, anda tinggal mengumpulkan keberanian lagi untuk memulainya. Berikut ini adalah beberapa cara investasi saham bagi pemula.

Tips cara investasi saham

  1. Mulai dengan modal yang tidak terlalu besar.
Apabila anda belum mengenal betul tentang pasar saham, sebaiknya untuk memulainya tidak dengan menggunakan modal yang terlalu besar dulu. Hal ini dikarenakan jika anda nanti salah dalam mengambil langkah, kerugian yang dialami tidak akan terlalu besar nilainya. Selain itu anda bisa belajar lebih dahulu. Anda perlu untuk membiasakan diri terlebih dahulu tentang software yang digunakan untuk jual beli saham. Dan anda perlu untuk belajar mengenai analisa saham dan cara investasi sahamdan lain-lain. Semua itu memerlukan waktu yang tidak cepat. Jika anda merasa sudah mantap, anda dapat menambah lagi modal anda.

  1. Beli saham yang memiliki fundamental yang baik.
Cara investasi saham yang baik bagi pemula adalah pilih saham yang berfundamental baik, dan belilah saham tersebut. Saham yang berfundamental baik biasanya adalah saham blue chip. Ciri dari saham blue chip adalah perusahaannya sudah dikenal oleh public, memiliki usaha yang jelas, tidak memiliki banyak hutang, produknya laku dijual di pasaran, manajemennya baik dan transparan, dan lain-lain. Hindari tergiur dnegan membeli saham dengan harga pergerakan yang sebabnya kurang jelas. Alasan anda disarankan untuk memilih saham blue chip adalah jiak pasar saham terkoreksi, maka saham blue chip pun juga ikut terkoreksi. Namun jika pasar saham sudah kembali pulih, saham blue chip akan naik lebih dahulu dibandingkan dengan saham lainnya dan lebih cepat.

  1. Diversifikasi saham         
Cara investasi saham selanjutnya adalah dengan melakukan diversifikasi. Artinya, beli beberapa saham dengan tujuan membagi resiko. Jika anda memiliki saham yang banyak, maka kerugian yang dialami bisa lebih kecil dibandingkan jika hanya memiliki saham satu saja. Dan jika saham yang satu mengalami kerugian, maka bisa dilihat saham lainnya akan naik. Jadi jangan beli satu saham saja. Beli bebarapa saham untuk meminimalisir kerugian yang besar.

  1. Belajar menganalisa
Tips investasi saham selanjutnya adalah belajar menganalisa saham. Menganalisa saham diperlukan untuk bisa mengambil keputusan dalam menjual dan membeli saham. Ada dua cara dalam menganalisa saham yang umum dilakukan. Yaitu dengan cara analisis teknikal dan analisis fundamental. 

  1. Fokuslah pada jangka panjang
Pasar saham dalam jangka pendek memiliki resiko karena adanya fluktuatif. Namun saham akan aman jika dalam panjang. Karena jika investasi semakin lama maka akan semakin besar tingkat keuntungan yang didapatkan. Jika dilihat, menginvestasi saham akan mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang sebesar 12,9%. Dengan catatan perhitungan ini berasal dari imbal hasil IHSG untuk jangka panjang. Jadi cara investasi saham ini juga perlu diperhatikan.

  1. Secara berkala review portofolio dan analisis.
Cara investasi saham selanjutnya adalah dengan melakukan analisis dan juga review portofolio secara berkala yang dapat dilakukan tiap 3 bulan sekali maupun 6 bulan atau setahun sekali. Dengan begitu akan diketahui saham mana saja yang memiliki kinerja yang kurang bagus seperti terus merugi, produknya kurang laku di pasaran. Sehingga anda bisa menggantinya dengan saham lainnya yang lebih baik.

  1. Memiliki keinginan yang kuat
Cara investasi saham yang terakhir dan sekaligus menjadi tips adalah anda perlu memiliki rasa keinginan yang besar dalam memperoleh keuntungan. Rasa seperti ini harus ada sejak anda memiliki niat untuk bermain saham, Dan jika tidak ada, anda bisa beli reksadana saja.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Investasi Saham Yang Baik Untuk Pemula"

Post a Comment

"Terima Kasih Sudah Membaca Blog Saya ,Silahkan Tinggalkan Komentar