Obat Pereda Demam Pada Anak

Masterz Seo - Obat pereda demam atau penurun panas pada anak | Demam sering kali menyerang siapapun tidak pandang batasan usia seseorang baik anak anak maupun orang dewasa Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips mengatasi demam pada anak. Pada umumnya bunda pasti langsung panik mengetahui buah hatinya terserang demam hal yang seperti itu biasa di alami oleh bunda bunda dimanapun. Karena demam pada anak biasanya disertai rewel dan susah makan inilah yang mungkin membuat bunda dirundung kepanikan. Tapi perlu bunda ingat panik tidak akan menyelesaikan masalah justru kepanikan akan memicu penanganan yang tidak tepat dan akan menimbulkan masalah baru. Yang perlu bunda lakukan terlebih dahulu adalah menenangkan si buah hati agar suhu tubuhnya tidak terus naik. Psikologis yang tenang dapat mempercepat penyembuhan.

Dikatakan demam apabila suhu tubuh diatas 37,5 derajat celcius, selama demam tidak disertai dengan kejang dan penurunan kesadaran demam tidaklah bahaya. Tidak semua demam memerlukan penanganan medis kenali dulu penyebab demam tersebut agar penanganannya tepat sasaran.  Misalnya saja sehabis disuntik imunisasi suhu tubuh si anak naik maka tidak perlu dilakukan penanganan medis. Demam bukan penyakit utama, demam ialah reaksi alami tubuh untuk melawan virus, bakteri ataupun parasit yang masuk kedalam tubuh. Jika masih memungkinkan sebaiknya dilakukan perawatan dirumah dengan memberikan obat pereda demam yang dijual bebas di apotek. Apabila demam yang menyerang bukan petanda penyakit serius dalam 2 atau 3 hari pasti tubuh anda sudah kembali fit. Namun jika dalam 3 hari demam tak kunjung reda alangkah baiknya di cek darah mungkin saja demam yang menyerang akibat demam berdarah atau penyakit mengkhawatirkan lainnya sehingga harus dilakukan penanganan medis dengan segera.

anak sedang demam

Demam disertai dengan sakit kepala, keringat dingin, sakit tenggorokan, mengigil, batuk pilek, sakit otot, nafsu makan berkurang, sakit otot , dan badan terasa lelah adalah gejala yang umum timbul akibat demam, namun jika anda merasan sakit kepala yang amat, mata yang sensitif pada cahaya terang, kejang, leher terasa kaku dan sakit saat menunduk, sakit saat buang air dan nafas terasa sesak didada sebaiknya segera hubungi dokter mungkin saja itu petanda penyakit yang membutuhkan penanganan lebih lanjut.

Berikut ini jenis jenis obat untuk meredakan demam yang disebabkan oleh infeksi

*   Parasetamol dan Ibuprofen
Kedua obat ini paling umum dikonsumsi untuk meredakan demam dan dijual bebas di apotek apotek namun mengkonsumsi keduanya dalam jangka panjang dapat menimbulkan efeksamping merusak ginjal dan hati.

*  Aspirin
Untuk anak anak sebaiknya jangan diberikan karena obat yang mengandung aspirin dapat memicu syndrom reye yaitu suatu penyakit yang dapat mempengaruhi kinerja otak dan hati. Untuk orang dewasa aspirin aman aman saja asalkan dikonsumsi sesuai aturan.

* Antibiotik
Biasanya dokter baru memberikan obat ini jika pada penderita dicurigai adanya infeksi bakteri.

* Antivirus
Obat ini diberikan pada penderita yang memiliki komplikasi penyakit yang terhitung tinggi.

Selain dengan obat obatan bunda juga bisa mengatasi demam pada anak dengan cara berikut ini:

* Kompres dengan air hangat
Mengompres dengan air hangat dapat membantu meredakan si anak bila ada yang berpendapat jika anak demam cara meredakan dengan kompres air dingin itu salah, karena mengkompres dengan air dingin justru akan membuat anak tambah demam.

* Menenangkkan si anak adalah langkah utama yang harus anda lakukan karena akan sangat membantu menstabilkan suhu tubuh.

*  Mandikan si anak dengan air hangat dan garam
Jika suhu badan anak tidak terlalu tinggi anda bisa memandikannya dengan air hangat yang dicampur garam mandi (beli di apotek) Namun apabila tidak memungkinkan washlap saja dengan air hangat agar badan terasa lebih nyaman.

*  Pakaikan si kecil pakaian yang tipis dan longgar ini bertujuan agar panasnya segera menguap. Seringkali orangtua berangapan jika anak sedang demam memakaikan pakaian jaket tebal; celana panjang semua serba tertutup padahal pendapat tersebut tidaklah benar adanya.

* Berikan si kecil cairan sesering mungkin agar tidak dehidrasi.

* Beri obat penurun demam jika diperlukan.

Artikel terkait : Obat Batuk Pilek Pada Anak.

Demikian informasi mengenai obat demam anak yang dapat saya sampaikan, jika demam masih berkelanjutan segera periksakan ke dokter terdekat agar mendapatkan perawatan yang terbaik untuk kesehatan anak anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Obat Pereda Demam Pada Anak"

Post a Comment

"Terima Kasih Sudah Membaca Blog Saya ,Silahkan Tinggalkan Komentar